Senin, 29 Januari 2018

Menimbang watak atau karakter

Menimbang watak atau karakter 
Menimbang watak atau karakter seseorang, tidak dapat dilakukan dengan menilai hanya perbuatan lahiriah yang dilakukan, namun harus memperhatikan saat seseorang melakukan pekerjaan-pekerjaan kecil sehari-hari karena pekerjaan-pekerjaan sederhana itulah yang dapat menunjukan karakter yang sesungguhnya. Orang yang sesungguhnya besar adalah dia yang selalu memperlihatkan sifat-sifat agung meski di tempat manapun dia berada. Karakter  bisa kita bentuk sejak dini, karena segala perbuatan yang dilakukan sekarang ini bisa mempengaruhi karakter. Karakter dapat membangkitkan atau menggerakkan kekuatan-kekuatan yang ada dalam diri seseorang.
Orang  yang memiliki kemauan besar adalah “pekerja”  yang hebat. “Hanya dengan perbuatanlah seseorang   bisa memperoleh kesempurnaan,  karena itu hendaknyalah pekerjaan itu dilakukan untuk pemeliharaan dunia". Perbuatan-perbuatan yang dilakukan itu telah ditentukan. Tidak ada seorang pun akan memperoleh sesuatu kecuali ia memang berhak mendapatkannya, inilah hukum abadi.  Kita bertanggung jawab terhadap apa yang kita lakukan, apa yang kita inginkan. Kita memiliki kemauan untuk menjadi apa yang kita harapkan.    
Bekerja seyogyanya  menggunakan  kecerdasan dan kaidah-kaidah ilmiah. Pahamilah teknik  bekerja secara benar untuk memperoleh hasil yang terbesar. Semua perbuatan atau pekerjaan hanyalah wujud dari kekuatan pikiran.
Jika seorang bekerja tanpa mengandung tujuan dalam arti mampu mengendalikan diri dari keinginan-keinginan untuk memperoleh sesuatu, apakah kelak ia akan mendapatkan prestise, value ? Ya. Pastilah ia akan mendapatkan sesuatu yang tertinggi. Tidak mementingkan diri sendiri adalah hasil keuntungan yang paling tinggi yang akan diperolehnya, hanya saja jarang orang yang sabar melaksanakannya. Bekerja tanpa mementingkan diri akan menghasilkan kesehatan yang besar pula.

Cinta kasih, kejujuran dan tidak mementingkan diri adalah  pembentuk cita-cita hidup  luhur dan mulia, didalamnya terletak kekuatan. Siapapun dari kita boleh mengharap, cepat atau lambat jalan perjuangan hidup kita melalui pekerjaan ini, pasti akan tiba saatnya bahwa semua dari kita akan menjadi sempurna seluruhnya dan pada saat itulah kita mencapai kebahagiaan yang abadi.

Share

& Comment

0 komentar:

 

Copyright © 2017 Sutejo Ibnu Pakar™

Support by Free Knowledge Templatelib.