Minggu, 16 April 2017

THORIQOT

BAGAIAMANA KITA BERTAREKAT
SUTEJO IBNU PAKAR

Tasawuf  adalah model pendidikan yang menaruh perhatian lebih terhadap kesucian jiwa.  Tasawuf bertugas mendidik ruhani  demi  tujuan  seorang muslim agar dapat mencapai martabat ihsan.  Tarekat adalah institusi pendidikan sufi yang dipola khusus untuk tujuan pembersihan hati (tathir al-Qalb) dan pensucian jiwa (tazkiyat al-Nafs).  
Tarekat menempati posisi istimewa karena eksistensinya sebagai institusi yang menekuni pembersihan akhlak tercela dan menghiasi jiwa dengan akhlak terpuji dan berbagai keutamaan.  Adalah menjadi keniscayaan mengambil tarekat dari seorang syekh.  
Tarekat lahir dari syariat yang suci. Tarekat menjadi sebuah sistem pendidikan spiritual yang berlandaskan kepada sunnah nabawi, karena sanadnya bersambung sampai dengan kepada Nabi SAW. Tidaklah cukup untuk dapat memahami dan mengamalkan apa yang menjadi tuntutan al-Kitab dan al-Sunnah tanpa menjadikan tarekat sebagai sandaran. 

Tarekat bukan ilmu tentang ucapan dan hukum-hukum legal formal (lahiriah), melainkan terkait dengan persoalan hati dan akhlak batiniah. Sehingga tidak cukup dengan sekadar membaca teks-teks (kitab) para imam.  

Share

& Comment

0 komentar:

 

Copyright © 2017 Sutejo Ibnu Pakar™

Support by Free Knowledge Templatelib.