Minggu, 02 April 2017

PENGALAMAN PUNCAK

PENGALAMAN PUNCAK
SUTEJO IBNU PAKAR
Pengalaman Puncak (Peak Experience) adalah  saat-saat menyenangkan dan menarik terutama dalam kehidupan, melibatkan perasaan yang tiba-tiba terkait kebahagiaan dan kesejahteraan, heran dan kagum, dan mungkin juga melibatkan kesadaran tentang kesatuan transendental atau pengetahuan tentang kebenaran yang lebih tinggi (seolah-olah memahami prtubahan dunia). Pengalaman Puncak biasanya datang tiba-tiba dan sering terinspirasi oleh meditasi mendalam, perasaan cinta yang mereka alami terhadap keindahan alam yang luar biasa. 
Pengalaman puncak cenderung melepaskan energi kreatif,  memantapkan  tujuan, memperkuat integritas. Pengalaman puncak termasuk "perasaan membuka cakrawala yang tak terbatas pada, visi.  Pengalaman puncak (pengalaman dataran tinggi)  adalah indicator  dari aktualisasi diri. Ia adalah kondisi seseorang  merasakan kebahagiaan kognitif.

Setiap  individu mengalami pengalaman puncak.  Hampir semua orang, memiliki sejumlah pengalaman puncak dalam perjalanan hidup mereka, namun bersifat taken for granted.  Pengalaman puncak menginduksi pengakuan bahwa kekuatan seseorang individu  jauh lebih besar dari yang dibayangkan. Individu yang sudah berada pada tahap aktualisasi diri, dewasa, sehat, dan kebutuhan diri yang sudah terpenuhi dipastikan memiliki pengalaman puncak. Orang yang sehat termotivasi terhadap proses aktualisasi diri.

Share

& Comment

0 komentar:

 

Copyright © 2017 Sutejo Ibnu Pakar™

Support by Free Knowledge Templatelib.