Rabu, 12 April 2017

PENDIDIKAN JASMANI

Pendidikan Jasmani
Sutejo ibnu Pakar

Para nabi dan rasul Allah layaknya manusia biasa mereka adalah  makhluk jasmaniah yang memiliki  segenap kebutuhan dasariah terhadap  makanan dan minuman. Mereka juga melakukan aktivitas bisnis dan ekonomi.Mereka, para nabi dan rasul Allah, adalah manusia yang memiliki keterbatasan hidup sesuai kontrak ketika masih berada di alam arwah.Mereka tidak selamanya hidup di dunia yang fana’ ini.Tubuh jasmani mereka akanditinggalkan oleh roh mereka masing-masing. Mereka mengalami peristiwa kematian dan jasad  mereka  akan mengalami kehancuran pada saat yang dikehendaki Allah. 
Kebutuhan dasar manusia yang tidak bisa diabaikan, dalam hal ini, adalah pemenuhan rasa lapar (makan) dan rasa haus (minum).Sebagaimana makhluk hidup lainnya, setiap individu manusia dituntut memenuhi kebutuhan dasariah ini.Pemenuhan kebutuhan ini semata-mata karena setiap perut memiliki hak yang musti ditunaikan. Dengan demikian, mengabaikan kebutuhan  makan dan atau minum merupakan tindakan nyata menyalahi kodrat   manusia sebagai makhluk biologis. 
      Salah satu aspek penting  pendidikan adalah pembinaan aspek jasmani. Pendidikan bertugas melakukan pemenuhan kebutuhan dasar fisik jasmani seperti makan, minum, sandang, serta pemeliharaan dan pembinaan aspek jasmani. Pemenuhan kebutuhan dasar tersebut, terutama masalah makan, merupakan perintah Allah yang tertuang di dalam al-Quran dan dapat dijumpai pada delapan belas ayat.[1]
      Pendidikan jasmani menurut  Islam adalah pendidikan yang bertujuan menyempurnakan seluruh potensi fisik jasmani anak manusia. Potensi yang dimaksud adalah potensi dasar berupa pendengaran, penglihatan, hati dan akal fikiran. Potensi tersebut adalah karunia Allah kepada setiap anak manusia dan harus diperlihara, dibina serta dikembangkan. [2] 



[1] al-Jazairi,  al-Tarbiyah al-Jinsiyah fi al-Islam,  hal. 74-75.
[2] Madkur, Ali Ahmad,  Manhaj al-Tarbiyah fi al-Tashawwur al-Islami,  Beirut, Dar al-Nahdhah al-‘Arabiyah, 1990, hal. 148. 

Share

& Comment

0 komentar:

 

Copyright © 2017 Sutejo Ibnu Pakar™

Support by Free Knowledge Templatelib.