Minggu, 02 April 2017

PEMBELAJARAN MANUSIA

PEMEBLAJARAN MANUSIA
SUTEJO IBNU PAKAR

Proses pembelajaran (pencarian ilmu), bagi al-Ghazali,  dapat dikategorikan menjadi : al-Ta’lim al-Isnani  dan al-Ta’lim al-Rabbani.[1] Proses pembelajaran model  pertama bisa ditempuh dengan bantuan guru atau orang lain, dan juga bisa ditempuh dengan jalan autodidak melalui perenungan-perenungan, atau  eksperimen secara empiris.
Sedangkan proses pembelajaran model kedua bisa dilalui dengan cara wahyu seperti yang dialami para nabi dan rasul, dan bisa dengan jalan ilham. Ilmu yang diperoleh dengan cara ini disebut ‘al-Ilmu al-Ladunni  yaitu ilmu yang perolehannya tidak melalui perantara.[2] ‘Ilmu laduni  itu bisa diperoleh dengan cara-cara yang lazim berlaku seperti melalui riyadhah secara benar  dan muraqabah.  Atau bisa juga diperoleh dengan jalan mengintensifkan aktivitas tafakkur. Ilmu ini  terkait dengan masalah-masalah metafisik atau mughayyabat. Ilmu ini diharapkan dapat memperkuat dan menyempurnakan ilmu dan keimanan [3].
Metode yang lazim didalam proses pendidikan intelek itu adalah metode penalaran dan metode perenungan terhadap kedalaman makna penciptaan alam semesta. Metode penalaran pertama-tama dilakukan dengan cara mengosongkan akal fikiran dari informasi-iformasi lama yang mendatangkan keragauan yang terlanjur sudah masuk ke dalam akal fikiran. Kemudian, dilakukanlah proses penguatan sebelum kemudian meyakini akan kebenarannya.
Sedangkan metode kedua adalah merenungkan (tadabbur) seluruh fenomena yang terdapat di alam semesta ini berkenaan dengan aturan, hukum dan sunnah Allah yang berlaku padanya. Metode ini diharapkan dapat lebih memperkuat dan mengembangkan potensi ruh sehingga ada keterkaitan yang kuat dan harmonisasi yang utuh antara akal dan ruh.  





[1] al-Ghazali,  al-Risalah al-Ladunniyah,  h. 9.
[2] al-Ghazali,  al-Risalah al-Ladunniyah,  h.  11.
[3] al-Ghazali,  al-Risalah al-Ladunniyah,  h.  14.

Share

& Comment

0 komentar:

 

Copyright © 2017 Sutejo Ibnu Pakar™

Support by Free Knowledge Templatelib.