Rabu, 12 April 2017

KEPRIBADIAN

PEMBINAAN KEPRIBADIAN
SUTEJO IBNU PAKAR
Pembinaan kepribadian bertugas  mengembangkan seluruh aspek kepribadian secara wajar dan imbang. Setiap aspek kepribadian diarahkan kepada pertumbuhan dan perkembangan yang maksimal. Hal-hal yang berkenaan dengan seluruh kebutuhan dasar menjadi perhatian dalam kerangka integralisasi aspek-aspek kepribadian. Pendidikan harus lebih  terfokus pada usaha  menanamkan kekuatan, harga diri, sikap berani karena benar, sikap   tidak menyerah pada dominasi dan pemerasan (kedzoliman), serta sikap tidak menyerah pada kebatilan. 
Pembinaan kepribadian muslim Islam adalah pembinaan yang komprehensif dan bertujuan membangun  dan mengembangkan seluruh aspek kepribadian secara wajar dan imbang (harmony). Setiap aspek kepribadian : jasmaniah, intelekttual, moral, sosial, intuisi, emosi dan aspek ruhani diarahkan kepada pertumbuhan dan perkembangan yang maksimal. Hal-hal yang berkenaan dengan seluruh kebutuhan dasar fisik jasmani seperti makan, minum, pakaian dan tempat tinggal menjadi perhatian khusus dalam kerangka integralisasi aspek-aspek kepribadian.
Pemenuhan kebutuhan dasar aspek jasmani didasarkan kepada pertimbangan mendasar mengenai keterkaitan dan keterpengaruhan (interdependensi) antara berbagai aspek kepribadian anak. Bahwa pertumbuhan jasmani secara langsung mempengaruhi perkembangan intelektual, emosional dan aspek psikologis. [1]


[1] Ibrahim ‘Ishmat Muthawi’, Ushul al-Tarbiyah,  Jeddah, Dar al-Syuruq, 1982, hal. 35.

Share

& Comment

0 komentar:

 

Copyright © 2017 Sutejo Ibnu Pakar™

Support by Free Knowledge Templatelib.