Rabu, 15 Maret 2017

Syekh THOLHAH KALISAPU CIREBON

Syekh THOLHAH  KALISAPU CIREBON
Khalifah Syekh A. Chothib Sambas  
Selain Wali Songo ternyata masih banyak tokoh sufi di tanah  Jawa yang tidak kalah penting.   Ulama-ulama itu merupakan generasi pelanjut perjuangan para wali. Salah satunya di Jawa Barat tercatat nama Syekh Hãji Abdul Muhyi Pamijahan (Tasikmalaya), seorang ulama penyebar Islam di kawasan selatan Jawa Barat, yang lebih dikenal umum sebagai seorang wali. Dia adalah murid dari Syekh Abdurrauf Sinkli (sufi Aceh).   Dia  aktif menyebarkan tarekat Syattarîyah di tanah Jawa dan semenjanjung Melayu. Namun demikian,  ia tetap menolak faham wujûdîyah  yang menganggap adanya penyatuan antara Tuhan dan hamba.
Syekh Ahmad Hasbullah bin Muhammad (Madura), Syekh Tholhah (Kalisapu Cirebon), dan Syekh Abdul Karim (Banten) adalah para tokoh  yang paling berjasa dalam penyebaran Tarîqat Qãdirîyah wan Naqsyabandîyah di Indonesia, terutama di Pulau Jawa dan Madura.  Ketiganya adalah  khalifah Syekh Khathîb  Sambas (w. 1875 M.). Syekh Tholhah adalah guru utama Tarîqat Qãdirîyah wan Naqsyabandîyah di wilayah Cirebon dan Priangan Timur. Salah satu muridnya yang terkenal dan diangkatnya sebagai khalifah untuk wilayah Jawa Barat bagian tengah dan timur adalah Syekh Abdullah Mubarok bin Nur Muhammad (Abah Sepuh, w. 1956 M.), ayah dari Syekh Shãhib al-Wafã Tãjul Arifin (Abah Anom), pemimpin  Pesantren Suralaya Tasikmalaya.

Syekh Tholhahdikenali sebagai  putra dari Desa Kalisapu, salah satu daerah di wilayah pantai utara Cierbon. Tokoh sufi  yang adaptable dan sangat emphaty ini sangat akrab di hati masyarakat pantai pesisir utara Kabupaten Cirebon dan  sangat dihormati  oleh masyarakat muslim Pasundan. Di hati komunitas pesantren di wilayah III khususnya, nama Syekh terkait dengan tokoh wali kenamaan,  Syekh Syarif Hidayatullah.  Dia tercatat sebagai salah seorang sesepuh masyarakat Cirebon yang mewariskan generasi pemangku bebeberapa pondok pesantren di bagian utara dan barat Kabupaten Cirebon.  

Share

& Comment

0 komentar:

 

Copyright © 2017 Sutejo Ibnu Pakar™

Support by Free Knowledge Templatelib.