Selasa, 21 Maret 2017

SYARAT TERKABULNYA DOA

SYARAT TERKABULNYA DOA
sutejo ibnu pakar
Syarat yang dimaksud adalah hal-hal yang harus dilakukan dan harus diadakan sebelum mengerjakan atau menjalani doa. Adapun syarat-syarat terkabulnya doa adalah :
1. Ikhlash yaitu membersihkan hati dari apapun selalin Allah. Sebelum seseorang berdoa kepada Allah disyaratkan membersihkan hati dan perbuatannya dari hal-hal yang menghalangi doa itu sampai kepada Allah. Maksud dan tujuan doa tidak ada lain kecuali kepada Allah. Tidak dibenarkan seseorang menyekutukan  Allah (syirik) dan karenanya sebelum seseorang bedoa, hendaknya melalukan instrospeksi apakah hatinya masih meyakini selain Allah SWT? Oleh karenanya, tujuan berdoa adalah semata-mata mengharapkan pahala dari Allah SWT, atau untuk terhindar dari siksa Allah, atau untuk tujuan mendapatkan ridho Allah. Atau dalam rangka mendekatkan diri (taqorrub) kepada Allah SWT. Karena, “segala amal itu tergantung niatnya, dan setiap orang hanya mendapatkan sesuai niatnya. Maka barang siapa yang hijrahnya kepada Al-lah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya itu kepada Allah dan Rasul-Nya. Barang siapa yang hijrahnya itu karena kesenangan dunia atau karena seorang wanita yang akan dikawininya, maka hijrahnya itu kepada apa yang ditujunya”. 
2. Mengikuti dengan benar teladan Rasulullah SAW.
3. Meyakini sepenuhnya kemahakusaan dan kemahasempurnaan Allah SWT.
4. Hudhur al-Qolb  (hati yang menghadap kepada Allah), khusyu’, dan mencintai apapun yang ditentukan atau diputuskan  Allah SWT.
5. Meyakni sepenuh jiwa kemahakuasaan Allah dan  bersungguh-sungguh didalam berdoa serta  tidak menggunakan bahasa pengandaian seperti ”Ya Allah, kalau Engkau berkenan ..........”

Share

& Comment

0 komentar:

 

Copyright © 2017 Sutejo Ibnu Pakar™

Support by Free Knowledge Templatelib.