Minggu, 26 Maret 2017

KYAI PESANTREN

KYAI PESANTREN
SUTEJO IBNU PAKAR
Pesantren dan tarekat adalah label Islam tradisional. Pesantren adalah tempat syariat (dimensi eksoterik Islam) sedangkan tarekat merupakan suatu organisasi yang dipakai untuk membangun dimensi esoterik Islam. Pola Islam tradisional dalam masyarakat pesantren identik  dengan pola budaya Islam sufi yang bersifat sangat ekspresif dan mistis.

Ulama atau kyai memegang peranan yang lebih dari sekadar seorang guru. Dia bertindak sebagai seorang pembimbing spiritual (murabbi al-Ruh) bagi mereka yang taat dan pemberi nasehat dalam masalah kehidupan pribadi mereka, memimpin ritual-ritual penting serta membacakan doa pada berbagai upacara penting. Banyak kyai di Jawa yang dipercaya mempunyai kemampuan penglihatan batin (bashiroh) dan kelebihan-kelebihan tertentu (karomah). Kyai dipercaya sebagai perantara (wasilah) antara dunia fisik (‘alam al-Syahadah) dengan dunia metafisik (‘alam al-Malakut) atau ‘alam al-Khalq  dengan  ‘alam al-Amr..   

Kyai dan ulama dalam konteks lingkungan masyarakat Islam ADALAH IDENTIK DENGAN  ahli waris para Nabi (waratsat al-Anbiya’). Sejak abad pertengahan, sistem guruisme memberikan sumbangan besar kepada umat Islam untuk memberikan kedudukan yang tinggi terhadap ulama. Berkat pengetahuan keagamaan mereka yang  termasuk kategori FAQIH (ahli dalam masalah-masalah hukum fikih).

Share

& Comment

0 komentar:

 

Copyright © 2017 Sutejo Ibnu Pakar™

Support by Free Knowledge Templatelib.