Kamis, 23 Maret 2017

BAWAH SADAR
by Sutejo
Pikiran atau kesadaran manusia seperti bawang yang berlapis-lapis.  pikiran/kesadaran manusia terdiri dari dua bagian, yaitu pikiran sadar dan bawah sadar.

Pikiran Sadar adalah proses mental yang bisa Anda kendalikan dengan sengaja.
Pikiran bawah sadar adalah proses mental yang berfungsi secara otomatis sehingga anda tidak menyadari dan sulit untuk mengendalikannya secara sengaja.
Pikiran sadar mempunyai empat fungsi utama, yaitu:
mengenali informasi yang masuk dari pancar indra,
membandingkan dengan memori kita,
menganalisa, dan
memutuskan respon spesifik terhadap informasi tersebut.

Pikiran bawah sadar berfungsi memproses kebiasaan, perasaan, memori permanen, kepribadian, intuisi, kreativitas, dan keyakinan.

Pengaruh pikiran bawah sadar terhadap diri kita adalah sembilan  kali lebih kuat dibandingkan pikiran sadar. Itulah sebabnya mengapa banyak orang yang sulit berubah meskipun secara sadar mereka sangat ingin berubah. Apabila terjadi pertentangan keinginan antara pikiran sadar dan bawah sadar, maka pikiran bawah sadar selalu menjadi pemenangnya.

Apabila kita ingin mengubah kebiasan, kepribadian, keyakinan yang negatif, mengendalikan emosi, maka yang harus diubah adalah “pogram pikiran” yang ada di pikiran bawah sadar. Misalnya, sebagian besar perokok tahu bahwa merokok itu meruginkan. Bahkan tidak sedikit yang ingin berhenti merokok. Namun  mereka seolah tidak bisa lepas dari kebiasaan merokok, meskipun segala usaha telah dilakukan. Hal ini terjadi karena pikiran bawah sadarnya selalu menginginkan rokok. Tidak peduli sekuat apapun pikiran sadar berusaha menolak rokok, selama pikiran bawah sadarnya masih suka (baca: terbiasa) merokok, maka berhenti merokok adalah hal yang mustahil.

Share

& Comment

0 komentar:

 

Copyright © 2017 Sutejo Ibnu Pakar™

Support by Free Knowledge Templatelib.