Rabu, 02 Maret 2016

PENDIDIKAN

PENDIDIKAN
suteja

Pendidikan  memiliki berbagai macam dimensi : psikologis, filosofis, relijius, ekonomis, dan politis. Pendidikan juga memiliki pranata   yang memiliki hubungan fungsional dengan masyarakat dan hubungan tata nilai dengan tradisi atau kultur masyarakat, khususnya yang berada dalam lingkungan pengaruhnya.
Sejak  awal kelahirannya pendidikan telah menjadikan dirinya sebagai way of life. Pembentukan kepribadian manusia paripurna yang dilakukan    hampir seluruhnya terjadi dalam sebuah proses yang disebut conditioning. Hubungan, interaksi, dan pergaulan sehari-hari peserta didik dengan guru sebagai pendidik, atau dengan sesamanya, bahkan   peserta dengan masyarakat  di sekitar lingkungan rumah adalah sumber pembelajaran utama dalam rangka pembentukan kepribadian manusia paripurna yang dicita-citakan.
Pola hubungan guru-murid dan murid-murid sebagai proses pembentukan kepribadian   dalam pendidikan   adalah merupakan kesinambungan dan pelestarian tradisi, budaya, serta nilai-nilai universal kemanusiaan yang ditanamkan oleh  para leluhur  yang memposisikan ajaran mereka sebagai ajaran  generasi terdahulu sebelumnya.
Tujuan pendidikan   bukan untuk mengerjakan kepentingan kekuasan (powerfull), uang, dan keagungan duniawi. Tetapi, kepada para peserta didik, seyogyanya, ditanamkan bahwa belajar atau menuntut ilmu adalah semata-mata karena panggilan hati nurani, sebagai sarana “pemanusiaan” manusia  dan  memasyaraktkan nilai-nilai kebenaran dan keadilan di muka bumi.
Pendidikan, dengan demikian, lebih mengutamakan faktor kebersihan hati, kesucian jiwa dan keluasan wawasan. Pendidikan dituntut mampu menghasilkan output dan outcome  yang memiliki beberapa keistimewaan, antara lain: kejernihan melihat realitas, kemandirian, kemerdekaan psikologis, kekuatan menahan diri dari pengaruh lingkungan dan penetrasi budaya luar, rasa simpatik, dan demokratis. Beberapa keistimewaan tersebut diharapkan dapat menimbulkan rasa mencintai kebenaran, menicntai keadilan dan mencintai keharmonisan. (Ibnu Pakar).

Share

& Comment

0 komentar:

 

Copyright © 2017 Sutejo Ibnu Pakar™

Support by Free Knowledge Templatelib.