Senin, 28 Maret 2016

3.000 Pedagang Pasar Sumber Demo

Hari Ini, 3.000 Pedagang Pasar Sumber Demo Kantor Bupati Cirebon

 Sedikitnya 3.000 massa yang terdiri dari pedagang Pasar Sumber, warga, karang taruna, komunitas ojek dan tukang becak, serta ormas pemuda akan berunjuk rasa ke Kantor Bupati Cirebon, Senin (28/3). Mereka menuntut agar Pasar Sumber permanen dibangun kembali di bekas pasar lama yang telah terbakar.

Dalam aksi yang bertajuk 'Aksi Damai Sejuta Suara Dukungan Pasar Sumber Permanen di Eks Pasar Lama' itu, rencananya massa akan berkumpul terlebih dulu di depan eks pasar lama Sumber, sekitar pukul 09.00 WIB. Mereka kemudian akan berjalan kaki melalui rute Jalan Sultan Agung - Jalan Sultan Malik Ibrohim - Jalan Sunan Drajat - hingga akhirnya ke Kantor Bupati Cirebon di Kompleks Perkantoran Pemkab Cirebon, Jalan Sunan Kalijaga.

Di tempat tersebut, massa akan melakukan orasi untuk menyampaikan tuntutan mereka agar pasar permanen Sumber dibangun di bekas pasar lama yang terbakar. Mereka berharap, dapat diterima langsung oleh Bupati Cirebon, Sunjaya Purwadisastra.
Aksi unjuk rasa menolak rencana relokasi pedangan Pasar Sumber, Kabupaten Cirebon, pada Senin (28/3), sempat memanas. Pengunjuk rasa kecewa karena tak bisa bertemu langsung dengan Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra.   Ribuan massa yang terdiri dari pedagang Pasar Sumber, warga, komunitas tukang ojeg dan tukang becak, karang taruna, dan mahasiswa itu datang dengan membawa keranda dan kemenyan, sebagai simbol aspirasi warga yang tak diterima Pemda. 

Selain itu, mereka juga membawa kuda, rebana, bendera merah putih dan berbagai poster yang berisi tuntutan mereka. Massa menuntut agar pasar permanen Sumber dibangun di bekas pasar lama yang terbakar pada Agustus 2015 lalu. Bahkan, tuntutan itu menjadi harga mati yang diinginkan oleh mereka.
Aksi yang dimulai sekitar pukul 09.00 WIB itu semula berlangsung dengan tertib. Namun, setelah berorasi dan menunggu lebih dari satu jam di depan Kantor Bupati Cirebon, suasana mulai memanas karena tak ada yang menemui. Mereka meminta agar dapat bertemu langsung dengan bupati ataupun perwakilannya.

"Kami hanya meminta agar pasar permanen Sumber dibangun di bekas pasar lama yang terbakar," ujar salah seorang Korlap ''Sedangkan pedagang tidak mau relokasi, ingin tetap di bekas pasar lama,'
Para pedagang menilai, pasar lama Sumber sangat strategis. Bahkan, pasar yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda itu merupakan embrio kegiatan perdagangan di daerah tersebut.

Tak hanya itu, lokasi pasar Sumber juga dekat dengan pemukiman warga. Karenanya, lokasi pasar sangat mudah dijangkau warga.  Para pedagang di pasar Sumber berjumlah sekitar 1.250 orang. Mereka merupakan pedagang yang menempati kios, los maupun lemprakan. 

Share

& Comment

0 komentar:

 

Copyright © 2017 Sutejo Ibnu Pakar™

Support by Free Knowledge Templatelib.