Kamis, 25 Februari 2016

PENYELAMAT GODAAN IBLIS

MATERI KHUTBAH
KEMURNIAN TAUHIDULLAH; PENYELAMAT GODAAN IBLIS
OLEH: SUTEJA
Adam AS adalah manusia pertama. Adam diciptakan Allah dari tanah. Sedangkan  keturunan Adam AS Allah ciptakan dari  saripati air mani (Latin: sperma). Allah SWT berfirman:
إِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَائِكَةِ إِنِّي خَالِقٌ بَشَرًا مِنْ طِينٍ (71) فَإِذَا سَوَّيْتُهُ وَنَفَخْتُ فِيهِ مِنْ رُوحِي فَقَعُوا لَهُ سَاجِدِينَ (72) فَسَجَدَ الْمَلَائِكَةُ كُلُّهُمْ أَجْمَعُونَ (73) إِلَّا إِبْلِيسَ اسْتَكْبَرَ وَكَانَ مِنَ الْكَافِرِينَ (ص:74)
وَلَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ مِنْ صَلْصَالٍ مِنْ حَمَإٍ مَسْنُونٍ (26) وَالْجَانَّ خَلَقْنَاهُ مِنْ قَبْلُ مِنْ نَارِ السَّمُومِ (الحجر: 27)
Allah menciptakan makhluk lain sebelum Adam yaitu jin, yang diciptakan  dari api tanpa asap dan berwarna biru.  Sedangkan  Iblis, seperti disebutkan dalam Q.S. al-Kahfi: 50 di atas,  adalah keturunan jin yang fasiq, membangkang dan sombong.  Syaitan adalah keturunan Iblis. Syetan dapat berkembang biak seperti makhluk-makhluk lain. Markas mereka di bumi lapis tiga, empat, lima dan enam (Iblis). Komunitas jin yang dijadikan pesuruh dan taklukkan iblis ditempatkan di bumi lapis ketiga, keempat dan kelima. Bahan baku mereka adalah api yang tidak berasap dan berwarna biru.  
Tugas dan tujuan hidup mereka adalah sesuai dengan dendam iblis, yaitu merusak keimanan. Mengajak ummat manusia untuk menjadi pengikut Iblis dengan berbagai macam cara dan dari semua penjuru. Keahlian syaitan adalah merasuk ke dalam tubuh manusia melalui peredaran darah, dan tidak dapat dideteksi oleh teknologi ciptaan manusia.
الشيطان يجري مجري الدم (الحديث)
Menyadari bahwa dirinya kelak akan dimasukkan kedalam neraka, maka Iblis mengajukan permintaan untuk menggoda manusia, dan juga jin, agar menjadi teman di neraka. Maka, di akhirat kelak jin dan manusia yang tergoda Iblis akan menjadi penghuni neraka.
وَلَقَدْ ذَرَأْنَا لِجَهَنَّمَ كَثِيرًا مِنَ الْجِنِّ وَالْإِنْسِ لَهُمْ قُلُوبٌ لَا يَفْقَهُونَ بِهَا وَلَهُمْ أَعْيُنٌ لَا يُبْصِرُونَ بِهَا وَلَهُمْ آَذَانٌ لَا يَسْمَعُونَ بِهَا أُولَئِكَ كَالْأَنْعَامِ بَلْ هُمْ أَضَلُّ أُولَئِكَ هُمُ الْغَافِلُونَ (الأعراف: 179)
Syaitan akan selalu memberikan janji-janji dan akhirnya manusia akan terjerumus kedalam kemelaratan Syaian akan selalu mengajak, mendorong, menggoda dan mendorong manusia untuk berbuat keji dan munkar.
الشَّيْطَانُ يَعِدُكُمُ الْفَقْرَ وَيَأْمُرُكُمْ بِالْفَحْشَاءِ وَاللَّهُ يَعِدُكُمْ مَغْفِرَةً مِنْهُ وَفَضْلًا وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ (البقرة: 268 )

Iblis diberikan umur panjang oleh Allah. Batas kehidupannya adalah sampai dengan kiamat kuro. Sedangkan syaitan dan jin diberi umur sepuluh kali lipat dibandingkan umur manusia. Jumlah manusia berbanding binatang darat adalah satu banding (3) tiga, jumlah manusia berbanding binatang laut adalah satu banding 12,   jumlah manusia berbanding jin adalah saru berbanding 48, dan jumlah manusia berbanding malaikat adalah satu berbanding 192.
KARAKTERISTIK IBLIS DAN SYAITAN  
1.    Tidak pernah damai
2.    Tidak pernah puas
3.    Membanggakan seniroitas, kecerdasan, dan keunggulan pribadi (‘ujub)
4.    Meremehkan orang lain (takabbur)
5.    Iri,  tidak mau melihat orang lain damai (hasad)
6.    Memepertanayakan tujuan perintah
7.    Mengandalkan hawa nafsu
PENAMPAKKAN IBLIS
1.    Kemewhana dunia
2.    Watak, kecenderungan dan kenimatan sesaat
3.    Amaliah dalam beribadah (khusus orang-orang sholih)
4.    Motif berbangga diri dalam beribadah
5.    Membanggakan ilmu pengetahuan
6.    Kebiasaan bermalas-malasan dalam beribadah
7.    Pengetahuan tentang ma’ifatullah (ahli ma’rifat dan awliya’).

PENYELAMAT DARI GODAAN IBLIS
Cara paling tepat untuk membeaskan diri dari godaan iblis dan syaitan, tidak ada lain adalah tauhidullah  (mengesakan) yang khalish (bersih).

Share

& Comment

0 komentar:

 

Copyright © 2017 Sutejo Ibnu Pakar™

Support by Free Knowledge Templatelib.